Rabu, 30 Mei 2012

Investor Diminta Ambil Posisi Wait and See

INILAH.COM, Jakarta - Idealnya IHSG masih akan bertahan di area 3.890-3.920 atau bahkan segera menguat ke maksimal 3.987 untuk 3 hari ke depan.

"Selama harga tidak menembus level 3.850 dan ditutup di bawahnya, maka pelemahan yang akan terjadi merupakan bagian dari complex correction belum akan membawa IHSG kembali bearish," ujar Presiden Direktur PT Astronacci International, Gema Goeyardi dalam catatan risetnya Kamis (31/5/2012).

Kemarin malam Dow Jones kembali melemah lebih dari 1% yang merupakan sebuah konfirmasi bahwa saat ini harga memasuki fase complex correction yang merupakan saat-saat di mana pergerakan harga bersifat acak dan tanpa arah trend yang jelas.

Harga akan cenderung bergerak datar tetapi cenderung akan melanjutkan pelemahannya. Kondisi rebound yang terjadi tidak sempurna menandakan bahwa trend pergerakan harga memang telah memasuki fase bearish jangka pendek.

Menurut Gema, setelah menyentuh area bottomnya, terlihat pergerakan IHSG terkonsolidasi dalam area inside barnya. IHSG cenderung tertahan dari pelemahan yang lebih jauh setelah menemui area time supportnya pada 22-23 Mei lalu.

"Kita masih melihat potensi corrective rally yang akan terjadi pada IHSG hingga mencapai target kenaikan harganya pada 3.987 hingga akhir minggu ini dan setelah mencapai puncaknya pada 4 Juni 2012, IHSG akan segera mengalami pembalikan arah untuk melanjutkan pembentukan formasi lower low selanjutnya. Pembentukan corrective rally ini masih akan terus berlanjut selama IHSG tidak jatuh di bawah level 3.850," kata Gema.

Dia mengingatkan, trend utama dari IHSG telah berubah atau mengalami transisi dari bullish ke bearish jangka pendek. "Setiap kenaikan adalah kesempatan untuk melakukan penjualan. Dalam hal ini investor harus fokus kepada batas-batas waktu dan bukan kepada resisten harga," jelasnya.

Dalam kondisi corrective rally yang meragukan ini, Gema menyarankan agar investor mengacu pada area bottom di 3.850. Perhatikan hari ini, selama harga tidak ditutup di bawah area tersebut, maka masih ada kesempatan IHSG untuk naik besok dan hari Senin.

IHSG masih berpotensi untuk mengalami penguatan terbatas dan cenderung sideways dalam formasi complex correction pada fase corrective rally yang akan terjadi hingga 4 Juni 2012 mendatang yang merupakan critical time berikutnya.

"Saat ini, saya masih belum melihat kandidat yang berpeluang untuk memberikan keuntungan dengan risiko yang minimum. Kita masih akan mengambil posisi wait and see sambil menunggu kondisi entry yang lebih menjanjikan," tuturnya. [hid]

31 May, 2012


-
Source: http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/1866846/investor-diminta-ambil-posisi-wait-and-see
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar