Kamis, 31 Mei 2012

Irak Lelang 12 Blok Eksplorasi Migas

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

INILAH.COM, Baghdad – Irak menawarkan 12 blok eksplorasi minyak bumi dan gas dalam lelang, sejak pertengahan pekan ini. Puluhan perusahaan langsung mengakukan tawaran.

Dengan penawaran ini, Irak berharap akan meningkatkan cadangan dan memperkuat posisinya sebagai produsen utama. Dari selusin blok yang ditawarkan, tujuh dianggap mengandung gas dan lima lainnya minyak bumi.

Kali ini, Baghdad sudah menyiapkan sejumlah syarat bagi 47 perusahaan yang sejauh ini sudah mendaftar untuk memberikan tawaran prakualifikasi. Yakni, perusahaan asing harus setuju untuk bekerja berdasarkan kontrak jasa harga tetap, bukan pembagian produksi.

Perusahaan pemenang kontrak, demikian syarat dari kementerian minyak Irak, juga dilarang menandatangani perjanjian dengan wilayah otonomi Kurdi atau otoritas subnasional lain, tanpa persetujuan pemerintah pusat.

Persyaratan baru ini diberlakukan karena Irak dan pemerintah Kurdi di Arbil berselisih atas penyebaran pendapatan minyak. Apalagi, UU Migas yang akan mengatur sektor tersebut belum juga selesai dibahas parlemen.

Irak juga melarang perusahaan minyak Amerika Serikat (AS) ExxonMobil ikut serta pelelangan karena menandatangani kesepakatan dengan wilayah Kurdi tanpa izin pemerintah pusat. Cadangan minyak Irak mencapai 143,1 miliar barel dan 3,2 triliun meter kubik gas alam. [ast]

01 Jun, 2012


-
Source: http://ekonomi.inilah.com/read/detail/1867303/irak-lelang-12-blok-eksplorasi-migas
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar